Efek Amonia

Efek Amonia Terhadap Ayam

Sekam yang sudah basah (dan tidak diganti) akan menimbulkan beberapa masalah bagi ayam, antara lain:

- Menghasilkan gas amonia. Selain bau yang menyengat. amonia akan mengiritasi permukaan saluran pernapasan ayam (tempat adanya sistem penyaringan udara). Akibatnya, udara terhisap ayam tidak tersaring (kotor,red) dan mengandung banyak agen penyakit. Hal ini yang berpotensi menyebabkan penyakit saluran pernapasan seperti CRD, ND, AI dan sebagainya.

- Menjadi sumber penularan penyakit (dari feses ayam sakit,red), seperti cacingan atau koksidiosis.

- Mengundang vektor (serangga penyebar penyakit) seperti lalat.

- Menimbulkan luka di telapak kaki anak ayam dan kemerahan di bagian otot dada. Hal ini karena panasnya amonia tersebut.

1 komentar:

Anonim at: 16 Juli 2012 pukul 03.57 mengatakan...

Reaksi ayam terhadap lingkungan yang bau dan tak sehat hampir sama dengan manusia. bayangkan jika tempat tinggal kita (baca: kamar tidur kita) penuh ceceran kotoran manusia bersama air seninya...tak kan sehat apalagi betah. Persoalannya ayam kan tidak bisa melepas diri dari kandang yang jorok..nah, mesti ada solusi yang murah, aman dan cepat untuk mengatasi bau ini. Belum lagi soal dampak sosial dari bau dan lalat pada masyarakat sekitar kandang. Pelajari tentang Protexol (Penghilang Bau Amonia Dengan Cepat). terima kasih Pak drh. Gusti Made Yudianto. Artikelnya bagus dan bermanfaat.

Posting Komentar

 

Kesehatan unggas © 2011 Design by Drh. Gusti Made | Sponsored by Gusti Nyoman S.Kom