Problema Imunosupresi

Problema imunosupresi pada ayam

Gangguan pada sistem pertahanan tubuh yang disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang bersifat imunosupresi (faktor yang menekan/mendepresi respon pertahanan tubuh) mungkin menjadi suatu contoh yang paling representatif dewasa ini. Akibat jeleknya sistem pertahanan tubuh, maka akan muncul kasus-kasus infeksius yang sangat bervariasi baik dalam jenis maupun dalam derajat kepaharahannya, bahkan cenderung dalam bentuk infeksi kompleks yang berulang-ulang.

Sistem kekebalan ayam atau imun merupakan suatu mekanisme yang digunakan dalam tubuh ayam sebagai perlindungan terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh pengaruh dari lingkungan sekitarnya.

Ada beberapa faktor yang menekan fungsi sistem kekebalan pada ayam yang menyebabkan imunosupresif. Perkembangan organ limfoid yang sub optimal akan menyebabkan terjadinya imunosupresi.

Penyebab imunosupresif antara lain disebabkan oleh stres intrinsik dan ekstrinsik, defisiensi dan ketidakseimbangan nutrisi, penyakit menular, dan metabolit mikroorganisme. Imunosupresif ditandai dengan respon terhadap vaksinasi yang tidak optimal, ayam peka terhadap berbagai infeksi, mudah sakit, respon terhadap pengobatan buruk, seolah-olah obat tidak manjur, dan organ-organ limfoid mengecil (thymus dan bursa).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kesehatan unggas © 2011 Design by Drh. Gusti Made | Sponsored by Gusti Nyoman S.Kom