Mencegah Bau Amonia di Kandang Postal (Non Panggung)

Mencegah Bau Amonia di Kandang Postal (Non Panggung)

Untuk menghilangkan bau amonia agak sulit dilakukan jika ayam dipelihara di kandang postal (non panggung) karena saat pemeliharaan, litter tidak di buang sepanjang periode pemeliharaan ayam. Hal ini akan menyebabkan kotoran/feses maupun urin akan selalu tersimpan dalam litter. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kadar amonia di dalam kandang antara lain :

Cegah hal-hal yang dapat mempercepat litter menjadi cepat basah seperti perbaiki atap yang bocor, hati-hati saat pengisian ulang air minum, hati-hati terhadap tampias air saat musim hujan, dll

Lakukan manajemen litter yang baik. Pada masa brooding, mulai umur 4 hari sampai umur 14 hari, lakukan pembolak-balikan litter secara teratur setiap 3-4 hari sekali. Jika litter basah dan menggumpal dalam jumlah sedikit, terutama di sekitar tempat makan, tempat minum dan di depan pintu segera ambil dan ganti dengan yang baru. Namun jika jumlah litter yang menggumpal banyak, alangkah lebih baik jika ditambahkan litter baru. Jangan lupa litter pengganti yang digunakan, sebelumnya disemprot dengan menggunakan desinfektan dan tunggu sampai kering.
Mencegah bau amonia di kandang postal (non panggung)

Berikan ransum sesuai kebutuhan terutama kadar protein dan kadar garamnya (harus sesuai dengan fase pertumbuhannya). Kadar protein yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya kelebihan protein di dalam tubuh ayam, kelebihan protein tersebut akan dikeluarkan melalui feses berupa urea yang akan menjadi sumber amonia. Sedangkan kadar garam yang terlalu tinggi di dalam ransum dapat menyebabkan ayam menjadi mudah haus sehingga ayam menjadi lebih sering minum dan feses yang dikeluarkan menjadi lebih basah.

Mengatur sistem sirkulasi udara agar tetap lancar sehingga dapat membantu pertukaran udara dengan konsentrasi amonia tinggi dari dalam ke luar kandang. Atur buka tutup tirai kandang atau gunakan kipas angin untuk memperlancar sirkulasi udara yang ada dalam kandang. Kipas angin dapat membantu litter menjadi lebih cepat kering dan mengurangi paparan amonia pada ayam.

1 komentar:

Anonim at: 16 Juli 2012 pukul 03.50 mengatakan...

Usul P Dokter. Kita gunakan Protexol untuk menghilangkan bau amonia dan gas hidrogen sulfida dari kotoran ayam atau ternak yang lain.

Posting Komentar

 

Kesehatan unggas © 2011 Design by Drh. Gusti Made | Sponsored by Gusti Nyoman S.Kom